Jumat, 23 Juli 2010

Petani Mangga Gedong Gincu Cirebon Dibantu Jepang (Beber, Sedong, Losari, Astanajapura)


Petani mangga gedong gincu di Kabupaten Cirebon akan mendapatkan bantuan dari Jepang. Bantuan tersebut berupa satu unit alat pendeteksi hama lalat buah seharga Rp12 miliar. Kemarin (14/1), rombongan dari Jepang sudah mengunjungi salah satu contoh lokasi perkebunan mangga gedong gincu di Kecamatan Sedong Kabupaten Cirebon.
Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, dan Perkebunan H Ali Efendi melalui Kabid Holtikultura Dedi Rauf, mengatakan kunjungan pengusaha dari Jepang tersebut guna mengetahui secara langsung kondisi serta potensi mangga gedong gincu khususnya yang ada di Kabupaten Cirebon.

Dikatakannya, bahwa bantuan alat pendeteksi hama lalat buah tersebut sangat membantu petani karena dapat meningkatkan mutu buah dan aman dari serangan hama. Kami ingin mengekspor mangga gincu ke Jepang, tapi Jepang ingin buah yang diekspor aman dari lalat buah, sehingga mereka membantu dengan alat deteksi hama lalat buah, katanya kepada Pelita, Rabu (14/1).

Namun begitu, ia menjelaskan pihaknya belum mengetahui berapa volume ekspor mangga gedong gincu yang nantinya diminta oleh pemerintah Jepang. Mereka baru mengunjungi lokasi perkebunan, jadi kami belum tahu berapa volume ekspor yang diminta nanti, jelasnya.

Seperti diketahui, peluang ekspor mangga gedong gincu di pasar luar negeri cukup besar. Namun, peluang itu selama ini masih terganjal sejumlah kendala, di antaranya masalah hama dan pestisida. Terlebih lagi untuk memenuhi permintaan ekspor ke jepang yang menerapkan standar keamanan tinggi.

Selama ini, ekspor mangga gedong gincu baru bisa memenuhi pasar Singapura dan Timur Tengah. Disebut gedong gincu karena warna kulitnya yang merah-oranye hampir menyerupai gincu pemerah bibir wanita atau lipstik, serta bentuk buahnya bulat. Rasa dagingnya manis dengan sedikit asam sehingga terasa segar.

Mangga gedong bisa masuk pasar internasional seperti Singapura, Eropa, Timur Tengah, Kanada, bahkan Amerika Serikat. Dari data yang dihimpun Pelita menyebutkan, areal kebun mangga gedong gincu di Kabupaten Cirebon di Kecamatan Beber, Sedong, Losari, Astanajapura, dan Kecamatan Talun. (ck-38)


Sumber :
http://www.hupelita.com/baca.php?id=62659
23 Juli 2010


Sumber Gambar:
http://blogs.unpad.ac.id/sara/category/budidaya-dan-prospek-pemasaran-mangga-gedong-gincu/

2 komentar:

  1. cirebon rek,,,,,,,,,
    bersama cirebon kita maju bersama

    BalasHapus
  2. Saya pingin wisata ke majalengka alamat yang lengkao kalau mau menikmati alamnya dan bisa petik langsung mangga buah gincu dimana yaaaa....terimakasih

    BalasHapus