Jumat, 23 Juli 2010

Cirebon Belum Siap Dimekarkan

Pemekaran daerah di Kabupaten Cirebon belum siap dilakukan. Ini
karena pendapatan asli daerah (PAD) daerah tersebut belum mencukupi.

Demikian diungkapkan Bupati Cirebon Dedi Supardi, Rabu (16/6), untuk menanggapi gencarnya tuntutan pemekaran Wilayah Timur Cirebon (WTC) oleh sebagian kelompok warga.

"Pemekaran di Kabupaten Cirebon belum siap dilakukan," katanya.

Dijelaskan Dedi, sebagai kepala daerah dirinya sama sekali tidak bermaksud untuk menghalangi pemekaran di WTC. "Pemekaran daerah justru merupakan aspirasi dari masyarakat yang harus dihargai. Itu pun merupakan hak politik masyarakat," katanya. Namun pemekaran WTC, menurut Dedi, belum layak dilakukan karena saat ini daerah tersebut baru menyumbang 30% Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Cirebon. "Mungkin sekitar 5 tahun lagi baru siap (pemekaran)," katanya.

Selain itu, Dedi pun meminta agar pemekaran dilakukan sesuai dengan mekanisme yang ada. Di antaranya terlebih dahulu harus ada persetujuan dari Badan Perwakilan Daerah (BPD), sejumlah tokoh masyarakat termasuk anggota DPRD Kabupaten Cirebon.

"Jadi tidak perlu berdemo lagi. Lakukan pemekaran sesuai dengan mekanisme dan perundang-undangan yang berlaku,"
katanya.

Sementara itu Ketua Asosiasi BPD Kecamatan Karangsembung Karsan menyatakan ketidaksetujuannya atas rencana pemekaran wilayah timur terpisah dari Kabupaten Cirebon. Menurutnya hingga kini Kabupaten Cirebon belum mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri.

"Di usia yang sudah 528 tahun saja kita belum mampu untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.

Karena itu, ia pun tidak setuju jika pemekaran wilayah timur Kabupaten Cirebon dilakukan dalam waktu dekat tanpa adanya
mekanisme yang harus didahului terlebih dahulu.

Seperti diketahui, selama lebih kurang sebulan ini sejumlah elemen pemuda dan masyarakat gencar melakukan aksi demo. Mereka menuntut pemekaran wilayah timur terpisah dari Kabupaten Cirebon. Alasannya, selama ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cirebon lebih mengutamakan pembangunan di wilayah barat sehingga pembangunan di wilayah timur tertinggal jauh.

Wilayah timur Kabupaten Cirebon antara lain terdiri dari Kecamatan Mundu, Astanajapura, Karangwareng, Losari, Lemahabang, Waled, Pangenan dan Pasaleman. (UL/OL-3)


Sumber :
Nurul Hidayah
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/06/16/149320/123/101/Cirebon-belum-Siap-Dimekarkan
16 Juni 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar