Jumat, 23 Juli 2010

Model Perencanaan Kawasan Pesisir Gebang Kabupaten Cirebon (Gebang)

Kawasan Pesisir Kabupaten Cirebon merupakan kawasan yang memiliki berbagai keunikan dan fungsi yang dimanfaatkan bagi pengembangan kegiatan manusia. Secara geografis mempunyai fungsi yang sangat strategis yaitu sebagai salah satu pusat kegiatan perikanan rakyat di pantai utara Pulau Jawa yang cukup ramai dan berada di perbatasan antara Propinsi Jawa Barat dengan Propinsi Jawa Tengah. Selain itu tentu saja memiliki potensi yang sangat baik dalam konteks pariwisata.

Pengembangan dan pengelolaan Kawasan Pesisir Gebang akan melibatkan aspek manajemen pengembangan pesisir (coastal management). Penyediaan dan pengelolaan fasilitas kelautan dan perikanan di Kawasan Pesisir Gebang ditangani secara langsung oleh sebuah instansi Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten yang bertanggungjawab terhadap terselenggaranya fungsi-fungsi pengelolaan dan pemeliharaan keberlangsungan kawasan pesisir tersebut; termasuk diantaranya adalah tanggungjawab pencarian dan pengelolaan dana yang diperoleh.

Bentuk kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat atau swasta harus dilakukan, mengingat keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh pemerintah daerah, khususnya pihak Dinas Kelautan Dan Perikanan Kabupaten dalam pengembangan Kawasan Pesisir Gebang. Pola kerjasama pemerintah dan swasta ini bersifat mutualisma atau kedua belah pihak saling memperoleh keuntungan.

Pendanaan memegang peran yang amat vital di dalam pelaksanaan pengembangan kawasan pesisir yang sesungguhnya. Sebagai suatu kawasan pesisir yang diharapkan mampu mengundang investor, Kawasan Pesisir Gebang seharusnya dikembangkan sedemikian rupa sehingga akan memberikan keuntungan kepada para investor yang menanamkan modalnya di kawasan ini. Sumber-sumber pendanaan dari pemerintah tidak akan melibatkan hanya satu instansi, tetapi akan melalui lintas sektoral yang melibatkan banyak instansi. Pengelolaan obyek-obyek pendukung seperti fasilitas pertunjukkan yang memiliki potensi untuk memberikan kontribusi peningkatan ekonomi dapat diserahkan kepada pihak investor.

Permasalahan pemasaran kelautan dan perikanan pada dasarnya berbeda dengan permasalahan pemasaran barang-barang produksi. Perbedaannya adalah terletak pada karakteristik dari supply dan demand dari kegiatan investasi pengembangan kawasan pesisir dan laut itu sendiri yang paling utama dari keberhasilan pemasaran investasi adalah terletak pada pelayanan yang baik (service) terhadap para investor.


Sumber :
Ramses Nadeak
http://spatzi.wordpress.com/2008/08/04/model-perencanaan-kawasan-pesisir-gebang-kabupaten-cirebon/

1 komentar:

  1. INDAH NIAN...... GEBANG SEBAGAI KAWASAN WISATA BAHARI........ KAPAN YAH.....????!

    BalasHapus